MaraMaraMara....


MaraMaraMara....Begitu judul sebuah lagu yang dibawakan sebuah grup pop negeri ini. Yapzz...marah marah dan marah..memang sudah menjadi bagian dari kepribadian seluruh makhluk yang ada di dunia ini. Tiap hari mungkin kita dapat menyaksikan orang sedang marah2 atau bahkan kita sendiri yang marah...atau juga mungkin anda yang sedang baca tulisan ini hatinya sedang dongkol saat ini. Marah adalah emosi yang memiliki potensi dahsyat baik disadari atau tidak. Jika anda pandai me-manage emosi yang dahsyat ini, anda beruntung. Tapi jika anda kewalahan mengendalikannya, anda masih beruntung...baca tulisan ini yaa...hehee...
Para peneliti mengatakan, kemarahan dan emosi tinggi lainnya dapat memicu irama jantung mematikan. Riset sebelumnya memperlihatkan gempa bumi, perang atau kekalahan pada pertandingan sepakbola piala dunia dapat meningkatkan tingkat kematian akibat serangan jantung setelah irama organ tubuh vital ini berdetak terlampau cepat atau dengan ketinggian mematikan.

Kondisi tersebut berarti jantung berhenti mensirkulasi darah yang bisa membuat si pemilik jantung meninggal secara tiba-tiba.

"Kondisi tersebut diperlihatkan dalam cara berbeda saat Anda berada dalam kondisi tertekan yang memicu kematian mendadak," kata dr Rachel Lampert dari Yale University di New Heaven, Connecticut (AS).

Riset diawali dengan memperhatikan bagaimana kemarahan bisa mempengaruhi sistim elektrik jantung. Lampert dan kolega-koleganya melakukan riset terhadap 62 pasien jantung dan menggunakan alat getar jantung yang dilekatkan ke tubuh mereka atau disebut ICD.

ICD bisa mendeteksi irama jantung atau "arrhythimia", yang mengantarkan kejutan listrik guna memulihkan detak jantung normal.

"Mereka adalah orang-orang yang memiliki beberapa kecenderungan pada arrhythimia. Responden dalam riset ini diminta berolahraga untuk menghitung episod kemarahan mereka belakangan ini sementara itu tim Lampert melakukan tes yang disebut Pengatur Gelombang-T untuk mengukur ketidakstabilan listrik pada jantung.

Tim riset secara spesifik mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada responden guna mengingat kembali episod-episod kemarahan mereka.

"Kami dapatkan dalam seting lab bahwa rasa marah atau kemarahan bisa meningkatkan ketidakstabilan elektrik pada pasien-pasien ini," kata Lampert.

Selanjutnya, tim riset memantau responden selama tiga tahun untuk menentukan pasien yang mendapat serangan jantung sehingga membutuhkan alat kejut jantung dari benda getar yang dilekatkan pada tubuh mereka.

Orang-orang yang mengalami ketidakstabilan elektrik akibat kemarahan tinggi 10 kali kemungkinan besar dibanding lainnya yang mengalami gangguan arrhytmia," tambah dokter tersebut.

Riset menunjukkan kemarahan bisa memicu kematian, setidaknya untuk orang-orang yang cenderung suka marah-marah sehingga menimbulkan gangguan listrik pada jantung.

Kemarahan dan stres juga bisa mempengaruhi orang jantungnya normal tapi caranya berbeda dibanding mereka yang memiliki ketidaknormalan pada salah satu organ tubuh vital tersebut. Kematian akibat jantung secara tiba-tiba mencapai lebih dari 400.000 setiap tahun di AS.
Source : www.hidayatullah.com

You may also want to check out these posts :


4 comments on "MaraMaraMara...."

Add your comment. Please don't spam!
Subscribe in a Reader
Li on Friday, 13 March, 2009 said...

wah mengerikan yaa, gak mo marah2 lg ahhh,
hehehe..thanks sharenya yaaa.

nuarikha on Friday, 13 March, 2009 said...

marah itu serem yah..bisa bikin cepet mati juga
tapi lagu maramaramara nya project pop enak juga

IHSAN on Saturday, 14 March, 2009 said...

yang jadi permasalahan dalah bagaimana marah itu dilampiaskan sampai puas!
karena menahan marah juga tidak baik kan?

Maya on Tuesday, 17 March, 2009 said...

memang plg susah mengendalikan rasa marah,
dgn baca artikel ini jd tau bahayanya, moga mkin bs menahan nih.. :|

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Note >> Comment Blog ini adalah DoFollow
Check status do follow suatu blog. Caranya :
1. Install NoDoFollw firefox addons ke browser firefox anda.
2. Setelah ter-install klik kanan pada salah satu sembarang link di halaman yang ingin anda check status dofollow-nya. Klik tulisan nodofollow. Seluruh link di halaman yang anda check akan terhighlight.
3. Indikatornya, jika terhighlight warna biru maka link dofollow. Jika merah bukan dofollow.
PLEASE DON"T BE ANONYMOUS

previous Next home
 

azarre zarre | Copyright © 2009